:title | Kompetisi
Dapatkan Diskon hingga Rp 500.000!
Untuk pembelian makanan hewan
Daftar dengan temanmu sekarang!
Home / Training & Permainan  / Tak Perlu Malu untuk Menangis! Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantumu Mengatasi Kesedihan Setelah Ditinggal Hewan Peliharaanmu

Tak Perlu Malu untuk Menangis! Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantumu Mengatasi Kesedihan Setelah Ditinggal Hewan Peliharaanmu

Salah satu konsekuensi memiliki hewan peliharaan adalah harus siap jika ditinggal mati, setidaknya karena rentang umur mereka yang lebih pendek daripada kita. Tapi, bagaimanapun siapnya kita, tetap saja saat ditinggal mati kita pasti sedih dan terasa berat melalui hari. Kita jadi sering kelewat baper lalu tiba-tiba nangis hingga ada saja orang yang berkata ‘ah, itu cuma seekor anjing’ atau ‘cuma ditinggal kucing kok...’. Daripada menedengarkan komentar seperti itu, coba lakukan lima hal ini untuk mengatasi kesedihan ditinggal hewan kesayangan.
kucing sekarat

 

1. Ingat masa-masa bahagia bersama

anjing dan tuannya

Shutterstock

 

Setelah ditinggal mati, kita kerap terjebak di kenangan momen detik-detik terakhir hidup hewan kesayangan hingga kita bisa merasa sedih seketika. Cobalah untuk mengingat masa-masa bahagia hidup bersama mereka, tingkah lucu mereka, walaupun lebih mudah untuk mengingat momen di akhir hidup mereka. Bukankah kenangan indah bersama mereka patut disyukuri? Dengan begitu kita lebih terhibur.

 

 

2. Curhat pada orang yang pernah mengalami hal serupa

ditinggal mati anjing

Shutterstock

 

Bersama dengan orang yang memahami perasaan kita bisa meringankan duka. Enggak perlu orang yang juga punya hewan peliharaan, cukup mereka yang memahami perasaan kita ditinggal sahabat berbulu.

 

 

3. Menyendiri dan berduka

ditinggal mati kucing

Shutterstock

 

Ada orang yang lebih suka curhat untuk meringankan rasa sedihnya, ada pula yang suka menyendiri. Cari tahu mana yang membuat kita merasa lebih baik. Jika memang menyendiri lebih baik, lakukan saja.

 

 

4. Merawat diri sendiri

berolahraga

Shutterstock

 

Rasa duka bisa membuat kita malas melakukan aktivitas. Jangan sampai ya tubuh kita sakit. Kalau kucing atau anjing kita masih hidup tentu mereka juga enggak bahagia melihat kita sakit. Makanlah makanan yang baik (bukan junk food), keluarlah berolahraga dan hirup udara segar.

 

 

5. Memberi makan kucing terlantar atau membantu di shelter

memberi makan kucing jalanan

Shutterstock

 

Memberi makan kucing atau anjing terlantar membuat kita merasa ada yang membutuhkan kita dan perlahan menghapus duka. Siapkan makanan kucing atau anjing saat kita keluar rumah dan berikan pada mereka jika kita bertemu di jalan. Lebih bagus jika kita menyempatkan diri menjadi relawan di shelter hewan. Kelucuan tingkah hewan-hewan di sini juga bisa menjadi terapi untuk rasa duka kita.

 

 

putri@petlogue.com

auto generated user

Review overview
Article di "Training & Permainan"

Video call dengan anjing kesayangan, tapi kok sepertinya dia enggak mengenali wajah kita ya? Jangan kesal ya karena anjing memang didesain berbeda dengan kita. Ini loh penjelasan mengapa anjing bertingkah seperti enggak mengenali kita di layar ponsel.

Berbeda dengan binatang peliharaan lain, kucing punya kepribadian umum yang unik dengan caranya mengekspresikan apa yang mereka suka dan enggak suka. Hanya saja kita kerap enggak memahaminya. Ini lima hal yang kita lakukan sebenarnya enggak disukai kucing loh! Apa sajakah?

Ular biasanya ditakuti karena bisanya yang bisa mematikan, meskipun enggak semua ular berbisa. Tapi, katanya ada salah satu hewan yang bisa menandingi ular, yaitu kucing. Sudah pernah kan melihat video kucing melawan ular? Sebenarnya, kucing takut enggak sih dengan ular? Dan apa benar kucing bisa melawan ular? Simak penjelasannya.

Pernah mendapati kucing kesayangan menatap ke pojok ruangan? Atau mendesis tanpa sebab? Mungkin kita berpikir kucing bisa melihat hantu. Memang kucing memiliki penglihatan lebih tajam dari kita pada umumnya. Simak yuk penjelasannya!

Seberapa banyak kamu percaya mitos tentang kebiasaan kucing buang air? Jangan salah paham, kucing buang air sembarangan bukan selalu berarti pertanda mereka ngambek kok. Ketahui enam mitos yang masih kerap dipercaya pemilik kucing dan enggak selalu terbukti kebenarannya.

Kucing binatang yang penyendiri hanyalah mitos. Kalau kucing kita cenderung agresif dan menunjukkan perilaku destruktif, contohnya menggigit sofa atau menjatuhkan barang-barang, bisa jadi karena ia kesepian.

Ungkapan ‘anjing adalah sahabat manusia’ bukan terjadi begitu saja. Sebagai spesies anjing mengalami evolusi dalam memahami manusia. Mereka bisa membaca bahasa tubuh, raut wajah dan pola bahasa untuk berempati pada kita. Anjing bahkan bisa mengenali kata-kata dan nada suara tertentu dan mengasosiasikannya dengan waktu bermain, berjalan atau makanan. Ketika mereka

Tentu sebagai pemilik anjing kita bangga punya anjing imut, pintar dan penurut. Tapi, enggak semua anjing benar-benar bisa diajari untuk patuh. Anjing seperti ini tentu membuat kita pusing. Sudah dikoreksi berkali-kali tapi perilaku anjing enggak berubah. Menurut pakar perilaku anjing Debby Mcmullen seperti dikutip PetMD, perilaku keras kepala anjing seperti

Anjing memang enggak paham jika dalam waktu 9 bulan akan ada penghuni baru di dalam rumah. Tapi, anjing bisa merasakan loh perubahan kecil apapun pada tuannya, termasuk perubahan yang terjadi di masa kehamilan – suasana hati, postur tubuh, perilaku, dan hormon – tuannya. Anjing pun punya reaksi yang bermacam-macam terhadap

Kita menyayangi kucing, tapi kenyataannya kucing kesayangan terkadang mengacuhkan kita. Mereka enggak mau dipeluk, enggak merespon panggilan, lebih suka bermain sendiri. Sebenarnya bukan berarti kucing enggak menyukai kita, tapi terkadang kucing hanya ingin melakukan hal yang mereka inginkan. Nah, ada beberapa cara menarik perhatian kucing kesayangan. Simak lima cara berikut