:title | Kompetisi
Dapatkan Diskon hingga Rp 500.000!
Untuk pembelian makanan hewan
Daftar dengan temanmu sekarang!
Home / Training & Permainan  / Menyemprotkan Air Enggak Bikin Kucing Kapok, Malah Takut Denganmu, 5 Alasan Menyemprotkan Air Cara Mengoreksi yang Salah

Menyemprotkan Air Enggak Bikin Kucing Kapok, Malah Takut Denganmu, 5 Alasan Menyemprotkan Air Cara Mengoreksi yang Salah

Beberapa orang percaya kalau menyemprotkan air pada kucing adalah metode yang efektif untuk memberitahu kucing bahwa perilaku mereka salah. Faktanya, metode ini bisa menjadi metode senjata makan tuan. Kucingmu bukannya mengerti apa kesalahan mereka, mereka malah mengira kamu adalah musuhnya. Tentunya kamu tidak mau ini terjadi, kan? Berikut 5 alasan mengapa menyemprotkan air bukanlah cara yang tepat untuk mengoreksi kucingmu.
kucing basah disemprot air

 

 

1. Kucingmu akan menjauhimu

kucing marah

Shutterstock

 

Kucingmu menganggap kamu adalah pelindungnya. Bayangkan kalau seandainya orang yang kamu percayai melakukan hal yang sangat kamu tidak sukai padamu. Kamu pasti akan merasa dikhianati, bukan? Begitulah yang dirasakan oleh kucingmu. Ketika ia melakukan kesalahan, ia mendapat serangan darimu. Perlakuan itu membuatnya berpikir kalau kamu adalah algojo. Ia tidak akan lagi menganggap dirimu sebagai teman dekatnya dan akan menjauhimu.

 

 

2. Kucingmu tidak mengerti maksud tindakanmu

kucing mencakar sofa

Shutterstock

 

Menyemprotkan air pada kucing adalah bentuk teguran dari pemelihara agar kucing tidak melakukan hal yang tidak diinginkan, seperti mencakar sofa, melompat dari satu meja ke meja lainnya, atau kencing di karpet ruang tamu. Tapi, apakah kucingmu mengerti kalau maksudmu menyemprotkan air adalah bentuk larangan? Belum tentu. Kucingmu bisa saja salah mengartikan maksudmu. Jika kucingmu pintar, ia akan mengerti bahwa yang harus dijauhi olehnya adalah sofa atau meja. Tapi, banyak kucing yang mengira kalau kamulah yang harus mereka hindari karena kamu adalah sumber air semprotan itu.

 

 

3. Kucingmu akan tetap melakukannya saat kamu tidak ada

kucing mengintip di jendela

Shutterstock

 

Karena kucingmu mengasosiasikan semprotan air dengan kamu, si penyemprot, ia merasa kalau perilakunya tidak akan menjadi masalah jika kamu tidak melihat kenakalannya. Kucingmu bisa saja diam-diam mencakar sofa ruang tamu saat kamu sedang sibuk di dapur.

 

 

4. Kucingmu akan merasa stres

kucing bersembunyi

Shutterstock

 

Kucing perlu merasa aman dan nyaman di tempat ia dipelihara. Jika rumahmu menjadi tempat di mana ia akan diserang secara mendadak setiap waktu, kucingmu tidak akan merasa aman. Stres pada kucing hanya akan membuat kucingmu berperilaku lebih buruk.

 

 

5. Kucingmu tidak mengerti apa salahnya

kucing sedih

Shutterstock

 

Kucing tidak pernah sengaja berperilaku buruk. Perilaku-perilaku yang menurutmu buruk merupakan sifat alami mereka yang sebenarnya. Contohnya, perilaku mereka menggaruk-garuk sofa adalah kebutuhan mereka untuk selalu mengasah kuku tajam mereka. Atau sifat mereka meloncat-loncat di mejamu adalah kebutuhan mereka untuk menjelajahi tempat tinggi. Tentunya mereka tidak akan mengerti kalau perilaku alami mereka itu salah. Daripada menyemprotkan air, kamu harus telusuri apa penyebab kenakalan kucingmu. Jika kucingmu senang mencakar sofa, berarti kamu seharusnya menyediakan tempat khusus baginya untuk mencakar. Jika kucingmu suka kencing sembarangan, mungkin itu karena kamu tidak menempatkan litter box mereka di tempat yang biasa mereka jelajahi. (Baca juga: Jangan Membalurkan Kotorannya ke Hidung Kucing! Ini Cara Mengoreksi Perilaku Kucing yang Benar)

 

 

Data medis di-review oleh drh. Habyb Palyoga

 

larissa@petlogue.com

<p>auto generated user</p>

Review overview
Article di "Training & Permainan"

Menggonggong adalah salah satu cara anjing berkomunikasi. Tapi, terkadang anjing menggonggong berlebihan hingga kita, pemiliknya, dibuat malu karena ditegur tetangga yang merasa terganggu. Anjing menggonggong bukan tanpa alasan loh. Bisa jadi anjing merasa bosan, bersikap protektif, merasa bingung, ketakutan, atau sekadar mencari perhatian. Nah, bagaimana cara menenangkan anjing yang suka

Ada kalanya kita bertemu dan perlu menolong kucing terlantar. Mendekati kucing terlantar enggak semudah mendekati kucing rumahan yang sudah terbiasa berinteraksi dengan manusia dan mendapatkan kasih sayang. Kucing terlantar cenderung penakut dan pemalu lantaran kerasnya hidup di jalan. Siapa tahu nanti kita perlu menolong atau malah sekarang baru mulai memelihara

Cemburu menurut Wikipedia adalah perasaan takut, merasa enggak aman, khawatir kehilangan sesuatu yang berharga karena diambil oleh pihak lain. Bisa dipastikan hampir semua orang pernah merasakan emosi semacam ini dari waktu ke waktu. Cemburu karena enggak mendapat potongan kue yang sama besar, karena teman memiliki sepatu terbaru, karena teman kita

Mimpi buruk bagi para pemilik anjing adalah ketika tiba-tiba anjing yang biasa kita kenal penyayang dan tenang menyerang orang lain. Sebagai pemilik tentu kita dituntut bertanggung jawab pada si korban, bahkan tanggung jawab yang dipikul hingga berisiko kita harus kehilangan anjing tersayang. Bagaimana mencegahnya? Apa yang harus kita lakukan jika

Terkadang kucing kita bersikap lucu dan manis, terkadang pula mereka bersikap menyebalkan dan enggak bisa ditebak apa maunya. Contohnya, sudah dikoreksi berkali-kali, tapi kucing tetap suka minum air dari lubang toilet. Nah, berikut alasan di balik perilaku-perilaku menyebalkan kucing kesayangan dan cara mengatasinya.

Apakah kamu menyadari terkadang perilakumu sebenarnya membuat kucing tersinggung atau kesal? Terkadang ada kalanya kita enggak menyadari perilaku kita memicu kekesalan pada kucing yang bisa berakhir dengan tanda cakar di tangan kita. Coba cek lagi, apakah kita kerap melakukan enam hal ini yang membuat kucing merasa tersinggung.

Meskipun kita cenderung memperlakukan anjing dan kucing kesayangan seperti keluarga sendiri, tapi mereka bukanlah manusia. Meskipun begitu, kemampuan anjing dan kucing dalam beradaptasi cukup menakjubkan. Contohnya, seperti diungkap Melissa Hatfield, konsultan perilaku bersertifikasi dari Arkansas, seperti dikutip dari Pawculture mengatakan bahwa hubungan manusia dan anjing sudah berkembang bersama selama 16.000

Kucing terkenal sebagai hewan yang super cuek. Meskipun cuek dan suka menghilang berjam-jam, bukan berarti enggak peduli pada kita, tuannya. Kita hanya perlu memerhatikan perilakunya dan menirunya. Berikut sepuluh cara yang bisa kita coba untuk mengakrabkan diri dengan kucing kesayangan.

Sama seperti manusia, kucing juga bisa dilahirkan dengan kondisi yang ‘istimewa’. Contohnya, pernahkah kamu menemukan kucing jantan dengan corak belang tiga? Hampir semua kucing belang tiga adalah betina. Kalau ada yang jantan, bisa dipastikan ia mengalami kelainan genetika. Nah, berikut beberapa kelainan genetik pada kucing.

Manusia bisa merasakan cinta. Pernahkah terpikir olehmu kucing bisa jatuh cinta dengan sesamanya atau spesies lain seperti layaknya manusia jatuh cinta? Manusia cenderung memeluk sesama, memeluk hewan peliharaan dan bahkan memeluk benda pribadi kesayangan hingga bisa mengatakan “aku benar-benar menyukai ini” atau “aku benar-benar mencintainya”. Bagaimana dengan kucing?