:title | Kompetisi
Dapatkan Diskon hingga Rp 500.000!
Untuk pembelian makanan hewan
Daftar dengan temanmu sekarang!
Home / Training & Permainan  / Mengapa Anjingku Mengendus Bokong Tamuku? Ini 5 Perilaku Aneh Anjing Pada Orang Asing

Mengapa Anjingku Mengendus Bokong Tamuku? Ini 5 Perilaku Aneh Anjing Pada Orang Asing

Anjing kesayangan bisa jadi penghibur dan teman yang menyenangkan dengan tingkahnya yang lucu. Tapi, ada kalanya anjing membuat kita malu dengan perilaku anehnya terhadap tamu atau orang asing yang kita temui, misalnya mengendus bokong tamu. Sebenarnya kenapa ya anjing berperilaku aneh seperti itu? Ini lima perilaku aneh anjing dan alasannya.
anjing mengedus bokong

 

 

1. Menindih mainannya atau orang

anjing menindih

Youtube

 

Kalau yang ditindih anjing adalah mainannya mungkin bukan masalah besar ya, tapi kalau mereka tiba-tiba menindih tamu yang sedang duduk berbincang dengan kita tentu itu jadi masalah bagi kita. Perilaku menindih semacam ini bukan dipicu secara seksual, tapi lebih karena anjing kurang bergaul sehingga mereka enggak bisa mengendalikan situasi baru atau enggak bisa mengontrol excitement seperti seharusnya. Kalau perilaku ini dibiarkan, anjing menganggapnya normal dan akan melakukannya lagi sebagai cara yang nyaman untuk melepaskan energi.

 

 

2. Mengendus bokong tamu

anjing mengendus bokong

Shutterstock

 

Perilaku anjing yang satu ini memang memalukan bagi kita, manusia. Tapi, bagi mereka mengendus bokong adalah cara mereka berkenalan dengan sesama anjing dan hal yang alami. Di dunia anjing, bokong adalah semacam ‘kartu identitas’ yang dari aromanya anjing bisa mengenali satu sama lain – apa yang sudah seekor anjing makan, lakukan, apakah mereka sedang masa kawin. Tapi, mengapa anjing melakukan cara yang sama pada manusia? Area bokong manusia – termasuk area anal – juga punya aroma yang khas dan menarik bagi anjing, terutama jika seseorang habis melahirkan, berhubungan seksual, dan menstruasi. Jadi, kalau anjing mengendus bokong tamu kita, mereka hanya melakukan apa yang dilakukan anjing. Kita bisa menarik perhatiannya dengan mainan misalnya, sehingga perilaku ini enggak menjadi sebuah kebiasaan yang memalukan.

 

 

3. Menggonggong atau melolong kencang

anjing menggonggong

Shutterstock

 

Perilaku menggonggong atau melolong di sini dilakukan anjing terhadap suara kencang, misalnya suara TV, dering telepon atau sirine. Pada dasarnya menggonggong dan melolong adalah bentuk komunikasi anjing untuk menandai wilayahnya atau memberitahu sesama keberadaannya. Jika anjing menggonggong dipicu suara TV dan suara kencang lainnya bisa jadi karena bingung atau takut. Untuk mengatasinya kita bisa membuat anjing mengasosiasikan waktu menonton TV dengan jam makannya atau buat anjing sibuk saat jam nonton TV. Jangan lupa berikan penghargaan untuk perilakunya yang tenang.

 

 

4. Takut dengan etnis manusia tertentu

anjing takut

Shutterstock

 

Beberapa anjing takut dengan orang dengan etnis tertentu. Perilakunya ini bisa jadi masalah besar dan memalukan bagi pemilik yang sedang berkenalan dan bergaul dengan tetangga atau teman. Perilaku anjing seperti ini dipicu lantaran anjing kurang bersosialisasi. Binatang, termasuk anjing, yang kurang diperkenalkan pada individu berbeda selama periode penting perkembangannya cenderung menjadi penakut. Perlahan biasakan anjing mengenali individu yang berbeda dengan diri kita.

 

 

5. Memakan kotorannya sendiri

anjing memakan kotoran

Shutterstock

 

Ada sebagian anjing yang punya perilaku memakan kotorannya sendiri. Bagi kita ini perilaku yang menjijikan, tapi anjing punya alasannya sendiri melakukannya. Beberapa diantara banyak alasan yaitu anjing kekurangan nutrisi sehingga mereka memenuhi kebutuhan nutrisi tertentu dengan memakan kotorannya, anjing merasa bosan, pencernaan buruk, dan alasan lainnya (baca juga: Anjingmu Memakan Kotorannya Sendiri? Awas Cacingan! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya). Anak anjing juga lumrah berperilaku seperti ini. Mereka memakan kotoran induknya dan kotoran mereka sendiri. Kebiasaan ini mungkin akan menghilang seiring anjing bertambah dewasa, tapi juga bisa terus berlanjut. Untuk mengatasi kebiasaan ini kita perlu mencari tahu penyebabnya.

 

 

putri@petlogue.com

auto generated user

Review overview
Article di "Training & Permainan"

Kenapa kucing suka menjilatiku? Para pencinta kucing pasti tahu bahwa alasan kucing menjilati tuannya adalah karena sayang. Sebenarnya ada banyak alasan mengapa kucing menjilati tuannya. Terlalu sering menjilat bahkan menjadi pertanda ada masalah kesehatan. Ini lima alasan kucing suka menjilati tuannya.

Kita pasti menyayangi kucing kita, tapi seberapapun kita menyayanginya, kucing terkadang bersikap menyebalkan. Jangan marah dulu. Kucing enggak berniat nakal kok. Perilakunya yang menyebalkan adalah cara kucing menyampaikan perasaan atau masalahnya. Coba kita kenali alasan kucing berperilaku menyebalkan.

Mungkin masih lekat di ingatan kita cerita tentang anjing bernama Hachiko yang selalu setia menunggu tuannya pulang di depan stasiun Shibuya, padahal tuannya sudah meninggal. Enggak hanya Hachiko, kita juga disuguhi video-video yang menampilkan kesedihan anjing yang ditinggal tuannya. Tapi, apa benar anjing bisa berduka seperti manusia?

Kalau kita perhatikan, terkadang anjing suka berada di sekitar seseorang, tapi enggak jika ia bersama dengan yang lain. Selain insting, anjing juga punya cara sendiri untuk membedakan mana orang baik dan jahat. Itu mengapa mungkin salah satu alasan kita memelihara anjing adalah untuk menjaga rumah. Tapi, bagaimana ya anjing bisa

Kenapa ya kok anjing lain mau dipeluk oleh tuannya, sedangkan anjing kita selalu berpaling saat kita ingin memeluknya? Ada banyak perilaku anjing yang menurut kita aneh dan sulit dimengerti. Tentu saja karena cara anjing mengungkapkan keinginan dan perasaannya berbeda dengan kita. Nah, ini penjelasan lima perilaku aneh anjing yang mungkin

Saking uniknya, perilaku kucing kerap membuat kita bertanya-tanya, termasuk perilaku memijat. Dengan telapaknya kucing terlihat menikmati memijat paha kita, selimut, atau tempat favoritnya. Sebenarnya perilaku ini sudah dilakukan kucing sejak mereka masih bayi. Apa ya alasan mereka melakukannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Pada dasarnya kucing makhluk yang misterius. Perilakunya yang menurut kita aneh mulai dari suka memijat, duduk di atas laptop hingga perilaku aneh saat menggunakan litter box membuat kita bertanya-tanya, misalnya langsung memakai litter box padahal baru saja kita bersihkan. Kali ini kita akan membahas perilaku aneh kucing saat menggunakan litter

Kucing memang hewan yang mandiri, tapi bukan berarti mereka suka ditinggal sendiri di rumah. Suka bermain sendiri atau tidur sendiri berbeda dengan berada di rumah sendirian selama berjam-jam. Kalau kita suka keluar rumah berjam-jam atau bepergian terlalu sering sehingga terpaksa meninggalkan kucing kesayangan sendirian di rumah, kita perlu tahu lima

Menggaruk adalah perilaku normal pada kucing. Tapi, kita lebih suka mengantisipasi perilaku kucing tersebut lantaran mereka bisa saja merusak perabot di rumah. Padahal menggaruk adalah salah satu kebutuhan kucing loh! Menggaruk memberikan manfaat bagi kucing yang kita sebagai manusia enggak tahu karena kita enggak berperilaku seperti itu. Kenapa kucing menggaruk?

Memelihara kucing artinya kita sudah siap dengan segala konsekuensinya, termasuk memenuhi kebutuhannya mulai dari makanan hingga mainan. Enggak dipungkiri terkadang kita dibuat pusing dengan perilaku kucing kesayangan yang menurut kita enggak bisa diterima, misalnya suka naik ke meja. Bagaimana cara mengatasinya? Ini lima life-hack yang bisa mempermudah hidup kita bersama