:title | Kompetisi
Dapatkan Diskon hingga Rp 500.000!
Untuk pembelian makanan hewan
Daftar dengan temanmu sekarang!
Home / Training & Permainan  / Kenapa Kucing Senang Menjatuhkan Benda dari Meja? Ini Penjelasannya!

Kenapa Kucing Senang Menjatuhkan Benda dari Meja? Ini Penjelasannya!

Kucing kesayangan terkadang bisa menghibur dengan tingkahnya yang lucu dan aneh. Mereka suka tidur di atas laptop, tidur di dalam boks yang sempit, dan bahkan membawakan kita hasil buruannya – tikus mati, misalnya. Tapi, ada saatnya juga mereka bertingkah menyebalkan, misalnya menjatuhkan vas bunga, gelas, atau benda apapun yang pada akhirnya membuat pekerjaan rumah kita bertambah. Sebenarnya kenapa ya kucing suka menjatuhkan barang?
kucing menjatuhkan barang

 

 

Mengapa kucing menjatuhkan barang?

perilaku imut kucing

Shutterstock

 

Menurut Amy Shojai, pakar perilaku kucing bersertifikat, seperti dikutip oleh PetMD, ada banyak alasan kucing menjatuhkan barang, beberapa yaitu:

 

– Dorongan naluri berburu

Kucing di alam liar berburu untuk memenuhi kebutuhan makannya. Menjatuhkan barang-barang bisa jadi salah satu bentuk dari dorongan naluriahnya tersebut. Kucing menggunakan telapaknya untuk mengetahui dan mengeksplorasi sebuah objek – pergerakan, suara, sentuhan atau rasa dari objek tersebut membantu kucing mengetahui apakah objek tersebut aman. Telapak kaki kucing sangat sensitif.

 

– Mencari perhatian

Reaksi kita saat kucing menjatuhkan barang memengaruhi keberlanjutan perilakunya. Kalau kita bereaksi dengan kaget dan memarahinya, mereka menganggap itu sebuah perhatian. Kucing kita hewan yang pintar mencari cara untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, perhatian kita salah satunya.Bisa jadi mereka merasa bisa mendapatkan perhatian kita dengan cara seperti itu sehingga terus menerus melakukannya.

 

– Senang melakukannya

Alasan lainnya karena kucing merasa senang melakukannya. Kombinasi dorongan berburu, pergerakan objek hingga suara objek jatuh mungkin menjadi kesenangan tersendiri untuk kucing.

 

Selain alasan-alasan yang disebutkan, Ami yakin masih banyak alasan lainnya karena penelitan terkait perilaku ini belum selesai.

 

 

Bagaimana reaksi kita seharusnya?

perilaku kucing

Shutterstock

 

Jangan memarahi atau bereaksi kaget berlebihan hingga dianggap oleh kucing sebagai sebuah perhatian. Cuek saja, lalu bereskan barang-barang yang sudah dijatuhkan. Simpan barang-barang berharga di tempat yang enggak terjangkau oleh kucing. Sebagai gantinya, berikan kucing kesayangan mainan atau cat tree untuk menyalurkan hasrat berburu dan supaya enggak bosan.

 

 

putri@petlogue.com

auto generated user

Review overview
Article di "Training & Permainan"

Kenapa kucing suka menjilatiku? Para pencinta kucing pasti tahu bahwa alasan kucing menjilati tuannya adalah karena sayang. Sebenarnya ada banyak alasan mengapa kucing menjilati tuannya. Terlalu sering menjilat bahkan menjadi pertanda ada masalah kesehatan. Ini lima alasan kucing suka menjilati tuannya.

Kita pasti menyayangi kucing kita, tapi seberapapun kita menyayanginya, kucing terkadang bersikap menyebalkan. Jangan marah dulu. Kucing enggak berniat nakal kok. Perilakunya yang menyebalkan adalah cara kucing menyampaikan perasaan atau masalahnya. Coba kita kenali alasan kucing berperilaku menyebalkan.

Mungkin masih lekat di ingatan kita cerita tentang anjing bernama Hachiko yang selalu setia menunggu tuannya pulang di depan stasiun Shibuya, padahal tuannya sudah meninggal. Enggak hanya Hachiko, kita juga disuguhi video-video yang menampilkan kesedihan anjing yang ditinggal tuannya. Tapi, apa benar anjing bisa berduka seperti manusia?

Kalau kita perhatikan, terkadang anjing suka berada di sekitar seseorang, tapi enggak jika ia bersama dengan yang lain. Selain insting, anjing juga punya cara sendiri untuk membedakan mana orang baik dan jahat. Itu mengapa mungkin salah satu alasan kita memelihara anjing adalah untuk menjaga rumah. Tapi, bagaimana ya anjing bisa

Kenapa ya kok anjing lain mau dipeluk oleh tuannya, sedangkan anjing kita selalu berpaling saat kita ingin memeluknya? Ada banyak perilaku anjing yang menurut kita aneh dan sulit dimengerti. Tentu saja karena cara anjing mengungkapkan keinginan dan perasaannya berbeda dengan kita. Nah, ini penjelasan lima perilaku aneh anjing yang mungkin

Saking uniknya, perilaku kucing kerap membuat kita bertanya-tanya, termasuk perilaku memijat. Dengan telapaknya kucing terlihat menikmati memijat paha kita, selimut, atau tempat favoritnya. Sebenarnya perilaku ini sudah dilakukan kucing sejak mereka masih bayi. Apa ya alasan mereka melakukannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Pada dasarnya kucing makhluk yang misterius. Perilakunya yang menurut kita aneh mulai dari suka memijat, duduk di atas laptop hingga perilaku aneh saat menggunakan litter box membuat kita bertanya-tanya, misalnya langsung memakai litter box padahal baru saja kita bersihkan. Kali ini kita akan membahas perilaku aneh kucing saat menggunakan litter

Kucing memang hewan yang mandiri, tapi bukan berarti mereka suka ditinggal sendiri di rumah. Suka bermain sendiri atau tidur sendiri berbeda dengan berada di rumah sendirian selama berjam-jam. Kalau kita suka keluar rumah berjam-jam atau bepergian terlalu sering sehingga terpaksa meninggalkan kucing kesayangan sendirian di rumah, kita perlu tahu lima

Menggaruk adalah perilaku normal pada kucing. Tapi, kita lebih suka mengantisipasi perilaku kucing tersebut lantaran mereka bisa saja merusak perabot di rumah. Padahal menggaruk adalah salah satu kebutuhan kucing loh! Menggaruk memberikan manfaat bagi kucing yang kita sebagai manusia enggak tahu karena kita enggak berperilaku seperti itu. Kenapa kucing menggaruk?

Memelihara kucing artinya kita sudah siap dengan segala konsekuensinya, termasuk memenuhi kebutuhannya mulai dari makanan hingga mainan. Enggak dipungkiri terkadang kita dibuat pusing dengan perilaku kucing kesayangan yang menurut kita enggak bisa diterima, misalnya suka naik ke meja. Bagaimana cara mengatasinya? Ini lima life-hack yang bisa mempermudah hidup kita bersama