:title | Kompetisi
Dapatkan Diskon hingga Rp 500.000!
Untuk pembelian makanan hewan
Daftar dengan temanmu sekarang!
Home / Kesehatan & Perawatan  / Cuka di Dapurmu Bisa Hilangkan Bau Kotoran Kucing Loh! Begini Supaya Litter Box Enggak Bau!

Cuka di Dapurmu Bisa Hilangkan Bau Kotoran Kucing Loh! Begini Supaya Litter Box Enggak Bau!

Bau kotoran kucing memang mengganggu seisi rumah. Meskipun litter box sudah dibersihkan, terkadang masih saja bau kotoran kucingmu menyebar. Bagaimana cara mengatasinya? Coba lakukan lima tips mengatasi bau tak sedap litter box.
cuka untuk menghilangkan bau kotoran kucing

 

 

1. Buang kotoran secara konsisten

kotoran kucing

Shutterstock

 

Tentu saja cara pertama yang harus kita lakukan adalah rajin membuang kotoran kucing dari litter box. Memang sih malas kan ya kalau setiap hari harus dua sampai tiga kali membuangnya. Tapi, ini masalah konsistensi saja. Satu kali sehari untuk membuang kotoran dari litter box sudah cukup kok, asalkan konsisten supaya kotoran tak menumpuk dan meninggalkan bau yang menyebar. Gunakan sekop untuk memindahkan kotoran kucing ke dalam plastik (kalau bisa yang biodegradable). Ikat plastik yang rapat dan buang ke tempat sampah.

 

 

2. Ganti pasir

pasir kucing

Shutterstock

 

Masalah litter box yang bau kerap terjadi karena pasirnya sangat jarang diganti. Meskipun kita menggunakan pasir yang menggumpal berkualitas baik dan membuang kotoran setiap hari, tapi tetap masih ada partikel penyebab bau yang tertinggal di litter box. Jika kita menggunakan pasir menggumpal, setidaknya sebulan sekali seluruh pasir harus diganti dengan yang baru. Jika kita menggunakan pasir yang tak menggumpal, setidaknya seminggu sekali seluruh pasir harus diganti dengan yang baru. Nah, sewaktu mengganti pasir lama dengan yang baru, pastikan kita juga mencuci bersih litter box dengan air hangat bersabun, jemur hingga benar-benar kering, kemudian isi kembali litter box dengan pasir yang baru.

 

 

3. Gunakan beberapa litter box

anak kucing

Shutterstock

 

Kalau kamu punya lebih dari satu ekor kucing di rumah, jangan pelit untuk menyediakan lebih banyak litter box. Memaksakan tiga kucing menggunakan 1 litter box tentu menyebabkan masalah bau. Para pakar menyarankan agar para pemilik kucing menyediakan 1 litter box untuk 1 kucing, dan sediakan 1 cadangan. Jadi, kalau kita punya dua kucing, setidaknya kita menyediakan 3 litter box. Intinya, sediakan litter box yang cukup supaya kotoran tak menumpuk melebihi kapasitas yang pada akhirnya menyebabkan bau tak sedap.

 

 

4. Letakan litter box di ruang dengan ventilasi baik

kucing di litter box

Shutterstock

 

Ventilasi baik sudah pasti mengurangi bau tak sedap di dalam rumahmu. Letakan litter box di ruangan dengan ventilasi baik, kalau perlu dekat dengan jendela terbuka atau pintu.

 

 

5. Gunakan produk penghilang bau

baking soda dan cuka

Shutterstock

 

Bau bisa saja masih menempel pada litter box meskipun kita sudah cukup rajin membersihkannya. Ada kalanya kita perlu menggunakan produk penghilang bau. Pilihlah produk yang aman untuk kucing kita atau risikonya justru kucing enggak mau lagi menggunakan litter boxnya dan buang air sembarangan. Kita bisa membuat sendiri penghilang bau dengan bahan alami yang ada di rumah. Selain hemat, juga lebih aman. Campurkan satu sendok makan cuka dengan dua sendok makan air, lalu masukkan ke dalam botol sprayer. Semprotkan di atas litter box dan di atas lapisan pasir. Aroma cuka mungkin agak tajam, tapi akan hilang dalam waktu beberapa menit. Cuka membantu menghilangkan bau tak sedap dengan membasmi bakteri penyebab bau. Tak ada cuka, baking soda pun jadi. Taburkan sejumput baking soda di dasar litter box sebelum menuangkan pasir bersih. Baking soda berguna untuk menyerap bau dan urin, terlebih kalau kita enggak memakai pasir gumpal (clumping sand).

 

 

Data medis di-review oleh drh. Nanda Rizki Ariani

 

putri@petlogue.com

auto generated user

Review overview
Article di "Kesehatan & Perawatan"

Kucing sakit enggak cuma mengkhawatirkan, tapi juga bikin panik. Saking paniknya, mungkin kamu jadi asal mengambil obat apa pun yang ada di lemari obatmu. Padahal tidak semua obat manusia bisa diberikan pada kucing. Beberapa kandungan obat manusia justru mematikan, salah satunya parasetamol. Simak penjelasan bahayanya sebelum kamu menyesal!

FLUTD adalah kelainan saluran kencing yang paling umum pada kucing rumahan dan menjadi kekhawatiran utama para pemilik kucing. Jangan sepelekan gangguan ini karena merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan kematian pada kucingmu. Kenali apa itu FLUTD, penyebabnya, dan gejalanya.

Kucing memang makhluk yang luar biasa. Enggak cuma bikin kamu bahagia dengan tingkah gemasnya, tapi juga membawa manfaat kesehatan. Yup, kucing telah terbukti dapat mencegah penyakit asma pada bayi. Loh, bukannya kucing itu justru pembawa penyakit asma? Nah, sebelum berasumsi buruk terhadap si meong, yuk baca dulu fakta selengkapnya mengenai

Anjingmu selalu kaget saat petir menyambar? Atau merintih jika kamu mulai menyalakan vacuum cleaner-mu? Banyak orang menyepelekan hal ini karena orang-orang mengira itu adalah sifat alamiah anjing yang sensitif pada bebunyian. Namun, anjingmu mungkin menderita fobia suara. Pelajari lebih jauh apakah anjingmu memiliki fobia suara dan bagaimana cara mengatasinya.

Kamu pencinta kucing yang sedang hamil? Atau kamu punya bayi dan berencana untuk memelihara kucing? Pasti banyak sekali pertanyaan mengenai fakta bayi dan kucing yang menghantui pikiranmu. Memang banyak sekali mitos-mitos seputar bayi dan kucing di luar sana. Kamu tidak bisa asal percaya atau menyepelekannya. Tenang saja, kekhawatiranmu akan terjawab

Terkadang kamu terlalu sibuk dan berpikir kalau selama kamu menjaga kebersihan kucingmu, tugasmu sudah selesai. Namun memperhatikan kondisi di sekeliling kucing kita juga penting. Mungkin akan terasa sulit untuk terus-menerus mengganti atau memperbaiki barang-barang kucing, tapi itu penting dan merupakan kewajibanmu sebagai tuannya. Barang lama, kadaluarsa, dan rusak dapat berdampak

Kutu pada anjing peliharaan mungkin adalah salah satu masalah paling menjengkelkan. Parasit menyebalkan ini tidak hanya akan menyerang anjingmu, tapi juga kamu! Lho, memangnya kutu anjing bisa menular ke manusia? Simak penjelasan pentingnya agar kamu bisa lebih waspada.

Sama seperti anak manusia, anak kucing juga perlu disapih. Menyapih adalah proses membiasakan anak kucing untuk berhenti minum susu induknya dan beralih ke makanan padat. Proses penyapihan memang penting agar anak kucing bisa mandiri. Berapa usia yang tepat untuk anak kucing mulai disapih, dan apa akibatnya jika mereka terlalu cepat

Tentu akan sangat menyenangkan bila melihat si meong kesayangan selalu sehat dan ceria. Tetapi masalah kemudian muncul, saat kucing yang ingin kita obati justru meronta, mencakar dan menggigit ketika akan diberi obat. Wajar sih, karena kucing memiliki indra penciuman yang tajam dan bisa mencium sumber makanan yang kita berikan. Sementara

Pernah enggak memperhatikan kalau kucing itu keliatan sering sekali tidur? Jangan heran karena memang kucing punya kebiasaan tidur yang berbeda dari kebanyakan hewan lain. Bahkan rata-rata kucing butuh tidur selama 18 jam sehari, lho! Berikut ini beberapa alasan kenapa kucing butuh waktu tidur yang lama.