:title | Kompetisi
Dapatkan Diskon hingga Rp 500.000!
Untuk pembelian makanan hewan
Daftar dengan temanmu sekarang!
Home / Training & Permainan  / Benarkah Kucing Bisa Jatuh Cinta? Ini Penjelasannya!

Benarkah Kucing Bisa Jatuh Cinta? Ini Penjelasannya!

Manusia bisa merasakan cinta. Pernahkah terpikir olehmu kucing bisa jatuh cinta dengan sesamanya atau spesies lain seperti layaknya manusia jatuh cinta? Manusia cenderung memeluk sesama, memeluk hewan peliharaan dan bahkan memeluk benda pribadi kesayangan hingga bisa mengatakan “aku benar-benar menyukai ini” atau “aku benar-benar mencintainya”. Bagaimana dengan kucing?
kucing jatuh cinta

 

 

Cinta adalah sebuah reaksi kimia

kucing dan tuannya

Shutterstock

 

Pernah kan dengar istilah ‘chemistry’? Misalnya, ketika kita melihat hubungan sepasang kekasih yang menyentuh, lalu kita mengatakan, “chemistry-nya dapet banget”. Jadi, menurut seorang ilmuwan syaraf yaitu Andreas Bartels dari University College London, rasa cinta merupakan pelepasan hormon atau reaksi kimia oxytocin dan vasopressin oleh otak.

Contohnya, hormon oxytocin ditemukan meningkat ketika kita dipeluk ibu, bersalaman dengan orang asing yang menarik, atau di saat bermain dengan teman-teman. Hormon oxytocin sendiri salah satunya bertanggung jawab dalam mendorong individu bersosialisasi.

Dengan begitu, cinta bukan saja sebuah perasaan, tapi menurut Andreas lebih dari itu merupakan mekanisme otak untuk mempertahankan hidup sebuah spesies. Cinta memungkinkan persatuan antara dua individu atau orang tua dan anak dalam rangka memfasilitasi perkawinan dan membesarkan anak.

 

 

Hewan menghasilkan oxytocin

pasangan kucing

Shutterstock

 

Paul Zak, pakar Neuroeconomics melakukan pengamatan di sebuah pengungsian hewan di Arkansas dan menemukan bahwa seekor anjing terrier muda dan seekor kambing suka bermain bersama secara teratur. Setelah darah kedua hewan dites, Zak menemukan bahwa kadar oxytocin anjing dan kambing tersebut meningkat 48% dan 21%. Zak menyimpulkan kedua spesies yang berbeda tersebut sedang ‘jatuh cinta’. Mekanisme reaksi kimia yang sama mungkin saja juga terjadi pada jenis hewan lainnya saat berinteraksi seperti anjing dan kambing tersebut, termasuk pada kucing.

 

 

Jadi, apakah kucing bisa jatuh cinta?

kucing dan mainannya

Shutterstock

 

Cinta kucing berbeda dari cinta manusia. Istilah cinta sendiri terdengar berlebihan untuk kucing. Kucing enggak menghargai hal yang dicintainya dengan cara seperti manusia menghargai hal yang dicintainya. Memang kucing juga punya rasa ketertarikan dengan sesamanya atau dengan spesies lain atau dengan sebuah benda, tapi perasaan itu juga enggak tepat digambarkan dengan istilah jatuh cinta – setidaknya bukan cinta seperti yang dialami manusia.

 

Mungkin istilah yang pantas adalah kasih sayang, ikatan, perasaan tenang, mencari perhatian dan merasa puas seperti yang terjadi pada anjing dan kambing tersebut. Nah, makanya dalam dunia kesehatan kucing dikenal juga ada istilah ‘separation anxiety’ yaitu sindrom perilaku karena kucing terlalu merasa terikat dengan tuannya. (baca juga: Kucingmu Mengikutimu Kemana-mana dan Ngompol di Kasur? Mungkin Ia Terkena Separation Anxiety, Begini Menanganinya). Tapi, bagaimana menurutmu? Apakah kucing bisa jatuh cinta seperti kita?

 

 

Data medis di-review oleh drh. Nanda Rizki Ariani

putri@petlogue.com

<p>auto generated user</p>

Review overview
Article di "Training & Permainan"

Apakah kamu menyadari terkadang perilakumu sebenarnya membuat kucing tersinggung atau kesal? Terkadang ada kalanya kita enggak menyadari perilaku kita memicu kekesalan pada kucing yang bisa berakhir dengan tanda cakar di tangan kita. Coba cek lagi, apakah kita kerap melakukan enam hal ini yang membuat kucing merasa tersinggung.

Meskipun kita cenderung memperlakukan anjing dan kucing kesayangan seperti keluarga sendiri, tapi mereka bukanlah manusia. Meskipun begitu, kemampuan anjing dan kucing dalam beradaptasi cukup menakjubkan. Contohnya, seperti diungkap Melissa Hatfield, konsultan perilaku bersertifikasi dari Arkansas, seperti dikutip dari Pawculture mengatakan bahwa hubungan manusia dan anjing sudah berkembang bersama selama 16.000

Kucing terkenal sebagai hewan yang super cuek. Meskipun cuek dan suka menghilang berjam-jam, bukan berarti enggak peduli pada kita, tuannya. Kita hanya perlu memerhatikan perilakunya dan menirunya. Berikut sepuluh cara yang bisa kita coba untuk mengakrabkan diri dengan kucing kesayangan.

Sama seperti manusia, kucing juga bisa dilahirkan dengan kondisi yang ‘istimewa’. Contohnya, pernahkah kamu menemukan kucing jantan dengan corak belang tiga? Hampir semua kucing belang tiga adalah betina. Kalau ada yang jantan, bisa dipastikan ia mengalami kelainan genetika. Nah, berikut beberapa kelainan genetik pada kucing.

Mungkin banyak dari kita yang masih percaya kalau anjing mengerti jika dimarahi dan memasang tampang melas atau kita mungkin masih percaya kalau anjing enggak bisa akur dengan kucing. Ada banyak rumor seputar anjing yang sebenarnya bisa jadi sekadar mitos belaka. Sayangnya enggak sedikit dari mitos-mitos ini yang bisa memengaruhi kesejahteraan

Punya kucing di rumah artinya kita harus siap dengan segala sesuatu, termasuk jika hal yang enggak kita harapkan menimpa kucing kesayangan – kecelakaan atau sakit, contohnya. Ada kalanya, situasi enggak memungkinkan kucing mendapatkan penanganan medis saat itu juga. Dalam situasi seperti itu, sebaiknya kita punya bekal pengetahuan seputar pertolongan pertama.

Kucingmu biasanya kucing yang sangat manis. Jangankan menyakar, mendesis padamu saja enggak pernah. Tapi, tiba-tiba dia mendesis, kenapa ya? Mendesis adalah salah satu cara kucing berkomunikasi dengan kita dan hewan lainnya. Ada banyak alasan yang memicunya untuk mendesis, apa sajakah itu?

Beberapa kucing enggak bisa akur dengan anjing. Tapi, ada pula kucing yang bersahabat dengan anjing. Pasti ada alasannya mengapa ada dua interaksi semacam itu. Ternyata semua berakar dari perbedaan spesies dan cara kita memperkenalkan keduanya. Simak berikut penjelasannya!

Kucing memiliki atribut fisiologis yang membantu kelincahannya, salah satu atribut itu adalah kumis. Ya, bagian tubuh kucing yang satu ini biasanya enggak luput dari keisenganmu saat bermain dengan kucing kesayangan, bukan? Jangan remehkan kumis kucing. Ini lima fakta penting tentang kumis kucing yang wajib kamu tahu.

Punya anjing mendatangkan kebahagian tersendiri pastinya. Tapi, kebahagiaan juga diiringi dengan risiko yaitu aroma anjing enggak sedap. Jangan tunggu sampai teman atau tamu yang datang ke rumah kita harus terpaksa harus menahan nafas atau tutup hidung lantaran aroma rumah kita. Berikut lima tips yang bisa kita coba untuk mengurangi atau