:title | Kompetisi
Dapatkan Diskon hingga Rp 500.000!
Untuk pembelian makanan hewan
Daftar dengan temanmu sekarang!
Home / Kesehatan & Perawatan  / Anjingmu Bisa Ketularan Penyakit Dari Anjing Lain Hanya dari Bersin? Ini 5 Penyakit Anjing yang Paling Cepat Menular!

Anjingmu Bisa Ketularan Penyakit Dari Anjing Lain Hanya dari Bersin? Ini 5 Penyakit Anjing yang Paling Cepat Menular!

Anjing kesayanganmu bersin? Atau ada anjing lain yang bersin di dekat anjingmu? Hati-hati, hanya dengan bersin sebuah penyakit bisa langsung menginfeksi loh! Beberapa penyakit anjing bisa sangat menular dan berbahaya jika terlambat penanganan. Penyakit apa sajakah itu? Simak lima penyakit anjing yang paling menular.
anjing sakit

 

 

1. Parvovirus

anjing pomeranian sakit

Shutterstock

 

Anjing yang terkena Parvovirus akan menunjukkan gejala muntah, diare, regurgitasi yang bisa berakhir pada dehidrasi dan kematian. Virus ini sangat mudah menular dan bisa ditularkan secara oral, melalui kotoran atau kontak oral. Oleh karena itu, The American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) sangat menyarankan agar kita rajin membersihkan tempat makan, minum, bahkan mainan anjing. Vaksinasi sangat efektif untuk mencegah virus ini dan memang vaksin untuk virus inilah yang pertama kali diberikan untuk anjing. Asupan cairan dan nutrisi yang cukup sangat penting bagi anjing yang divonis terinfeksi.

 

 

2. Canine Influenza

anjing bulldog pilek

Shutterstock

 

Flu anjing ditularkan seperti flu pada manusia, melalui batuk dan bersin. Proses penyembuhannya juga sama seperti flu pada manusia yaitu dengan menjaga anjing tetap hangat dan nyaman, lalu flu akan mereda dengan sendirinya. Penyakit ini mudah menular, terutama bagi anjing-anjing yang hidup di penampungan. Jika anjing terkena flu, biasanya mereka akan kehilangan nafsu makan lantaran hidungnya tersumbat sehingga enggak bisa mencium aroma makanan. Coba suguhkan makanan basah yang biasanya aromanya lebih tajam daripada makanan kering. Pastikan anjing medapatkan cairan dan nutrisi yang cukup untuk proses penyembuhannya.

 

 

3. Leptospirosis

anjing sakit

Shutterstock

 

Leptospirosis atau biasa disebut Lepto merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira interrogans yang menyebar biasanya melalui urin hewan yang terinfeksi –  contohnya, tikus, musang, tupai, aning liar, dan sebagainya. Bakteri ini bisa masuk ke tubuh anjing melalui luka kulit dan selaput lendir – mata, mulut, hidung.

Anjing yang suka bermain di luar atau hidup di lingkungan kotor rentan terkena Lepto dari kontak dengan genangan air, rumput, tanah, kolam yang sudah tercemar urin tersebut. Jika sudah terinfeksi, anjing akan menunjukkan gejala muntah, kurang nafsu makan, sering atau malah sedikit buang air kecil, gusi pucat, kulit kekuningan (jaundice/ penyakit kuning, karena liver terinfeksi). Jika pengobatan terlambat bisa menyebabkan kematian. Jika pengobatan berhasil, anjing enggak selalu sembuh total dan kemungkinan menderita efek jangka panjang seperti gagal ginjal atau hati.

 

 

4. Ringworm

anjing terkena jamur

Shutterstock

 

Ringworm bukanlah cacing seperti namanya, tapi merupakan sebutan untuk pola berbentuk cicin pada kulit anjing yang disebabkan oleh penyakit ini. Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang mudah menular. Gejalanya yaitu luka berpola cincin pada kulit, berketombe dan bulu rontok pada luka, gatal. Biasanya anjing dengan nutrisi yang buruk menyebabkan daya tahan tubuh lemah sehingga mudah tertular penyakit ini.

 

 

5. Canine Hepatitis

anjing sakit mematikan

Shutterstock

 

Canine Hepatitis yang ditularkan melalui air liur dan selaput lendir ini menyebabkan peradangan ginjal  dan bahkan kematian. Untuk pencgahan bisa dilakukan dengan vaksin yang biasanya diberikan bersamaan dengan vaksin dasar saat anjing berusia anak-anak. Gejala penyakit ini diantaranya yaitu anjing sakit tenggorokan, kornea mata berawan, demam. Usia anak anjing sangat rentan terhadap penyakit ini karena daya tahan tubuhnya belum berkembang penuh.

 

 

putri@petlogue.com

auto generated user

Review overview
Article di "Kesehatan & Perawatan"

Mata kucingmu merah, bengkak, dan ia kerap menggaruk-garuk matanya? Jangan biarkan kucing tersiksa terlalu lama karena penyakit matanya. Terlambat mengobati bisa berisiko kebutaan permanen loh! Ini lima penyakit mata yang umum menjangkit kucing.

Umumnya penyakit kucing yang menular hanya ditularkan pada sesama kucing dan kebanyakan penyakit menular manusia hanya ditularkan antar manusia. Tapi, ternyata kita sebagai pemilik kucing juga harus berhati-hati dengan penyakit yang ditularkan dari kucing ke manusia – dan sebaliknya. Penyakit apa sajakah itu?

Memberikan makanan berkualitas baik, menjaganya tetap di dalam rumah, dan rutin mengajaknya bermain adalah tiga hal yang perlu pemilik kucing lakukan kalau ingin kucingnya berusia panjang. Selain itu, penting juga kita berhati-hati dengan penyakit yang diam-diam bisa membunuh kucing kita. Dengan mengetahunya, kita bisa tahu apa tanda-tanda klinis yang perlu

Seperti manusia, anjing dan kucing juga bisa mengalami sensasi pusing hebat dan kehilangan keseimbangan yang kerap disebabkan karena sindrom vestibular – bagian otak yang berperan dalam keseimbangan dan koordinasi tubuh. Sensasi tersebut seperti sensasi vertigo pada manusia. Kalau anjing atau kucing kerap berguling dan tersandung tanpa sebab, kita perlu curiga

Pemilik anjing pasti panik jika menemukan anjing kesayangannya muntah dan yang jelas ingin tahu apa penyebabnya. Sebenarnya enggak semua kejadian muntah pada anjing berkaitan dengan kondisi kesehatan yang mengkhawatirkan, tapi ada gejala-gejala lain yang mengiringi muntah perlu dikhawatirkan. Nah, berikut informasi seputar muntah pada anjing yang wajib kita tahu.

Apakah anjingmu suka mengejar buntutnya sendiri? Jika berlebihan, bisa jadi perilakunya menandakan anjingmu mengidap kelainan psikologis OCD/Obsessive Compulsive Behaviour atau perilaku obsesif berulang. Ya, OCD enggak hanya bisa terjadi pada manusia, tapi juga pada anjing. OCD pada anjing umumnya dipicu oleh stres dan kalau dibiarkan seiring waktu akan memburuk hingga

Kucing memang hewan yang imut dan menggemaskan. Tapi, jangan remehkan gigitan dan cakaran kucing karena bisa menyebabkan infeksi yang ditandai dengan bengkak dan demam. Bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu, infeksi ini bisa membahayakan nyawa mereka. Apa penyebab bengkak dan demam setelah digigit atau dicakar kucing? Ini fakta seputar penyakit

Anjing yang normal memang punya aroma tubuh dan nafas yang khas. Aroma anjing terkadang juga enggak sedap yang disebabkan karena ia bermain di luar dan terkena sesuatu yang bau, misalnya kotoran hewan lain, sampah dan sebagainya. Mandi akan menghilangkan bau tersebut. Aroma enggak sedap pada anjing dikatakan enggak normal jika

Anjing kesayangan memang lucu dan menyenangkan, tapi akui saja ada kalanya nafasnya bau enggak sedap, kan? Nafas bau enggak sedap pertanda rongga mulutnya perlu dibersihkan atau ada masalah dengan gusinya. Masalah pada rongga mulut bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius loh! Mulai dari gigi tanggal hingga kerusakan organ. Oleh

Mengapa kebiri? Mungkin banyak dari kita yang enggak berpikir atau ragu-ragu untuk mengibiri atau mensterilisasi anjing dan kucing kesayangan lantaran banyak mendengar mitos-mitos tentang kebiri yang enggak terbukti kebenarannya. Padahal kebiri sangat bermanfaat enggak hanya untuk kesehatan anjing dan kucing, tapi juga untuk kita sebagai pemilik. Supaya kamu enggak ragu,